Cara Membuat Nota Menggunakan Microsoft Office (MS. Excel & MS. Word)

Semarang, 18 November 2018

BLOG #5

Hallo tementemen, kali ini saya mau berbagi pengalaman cara membuat nota penjualan menggunakan aplikasi microsoft office. Nah, microsoft office ini adalah alternatif paling gampang yang bisa digunakan untuk membuat nota penjualan. Seperti yang kita tahu untuk membuat nota penjualan biasanya menggunakan aplikasi coreldrawataupun photoshop agar hasilnya lebih bagus. Tapi gak salah kan cobacoba pakai microsoft office hehe.

Seperti yang kita tahu nota merupakan sebuah bukti dari transaksi untuk pembelian barang atau penjualan menggunakan uang tunai, bisa dibuat menjadi beberapa lembar yakni dalam lembar pertama akan diserahkan kepada pembeli, sedangkan lembar kedua atau salinan harus kalian simpan sebagai pihak penjual untuk dibuat sebagai bahan pecatatan laporan keuangan perusahaan tersebut. Sekarang langsung aja ke cara pembuatannya yaaa

Pertama siapkan icon-icon untuk yang dibutuhkan. Yang saya butuhkan icon WhatsApp, icon instagram dan gambar bendera pesta yang formatnya PNG.

gambar bendera pesta vektor  (format png)
desain nama menggunakan aplikasi HP
icon instagram (format PNG)
icon whatsapp (format PNG)

Kedua, Buka MS. Excel. Klik Page Layout – Page Setup – atur Page, margins dan sheet. Lalu klik OK.

ScreenShot Page Setup
Screen shot desain nota
Screenshot desain nota

Setelah desain selesai, blok semua desain dengan cara klik dan drag A1 sampai F21, klik CTRL+C buka MS. Word

Selanjutnya atur MS. Word, atur margin menjadi Narrow, ukuran kertasnya menjadi A4 dan klik CTRL+V. maka akan menjadi seperti ini :

screenshot desain nota

pemindahan desain nota penjualan ke MS. Word bertujuan untuk memudahkan kita dalam proses print, pastikan satu lembar kertas HVS ukuran A4 untuk 4desain nota agar hasilnya lebih banyak.

selesai. terimakasih temanteman semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar